Untuk mengetahui konsep restoran ini Kamu harus tahu sedikit tentang sejarah Ukraina.

Ketika perang dunia II sedang berlangsung, disana ada sekelompok prajurit yang dikenal dengan UPA (Tentara Pemberontak Ukraina). Mereka berjuang dan melawan tentara pemerintahan USSR dan fasis di waktu itu. Itu hanya ada di Ukraina Barat dan ada desas-desus bahwa mereka bergabung dengan tentara Jerman dan berperang melawan orang-orang Rusia yang sangat kejam terhadap tentaranya. Dengan kasarnya, UPA memanggil orang-orang Rusia "Moskal" karena itu mereka dulu saling membenci. Karena tentara ini tidak resmi, mereka biasa bersembunyi di bunker bawah tanah dan menggunakan kode untuk saling mengenal satu sama lain. Setiap kali seseorang datang ke bunker penjaga akan mengatakan "Slava Ukraini" yang berarti "Kemuliaan ke Ukraina". Dan orang tersebut harus menjawab "Heroyam Slava" yang berarti "Kemuliaan bagi para pahlawan". Ini untuk mencegah penyusup dari tentara Rusia masuk ke dalam bunker, karena tentara Rusia tidak akan pernah mengatakan "Slava Ukraini".

Restoran Kryjivka adalah bunker bawah tanah modern yang terletak tepat di tengah alun-alun utama namun Kamu tidak akan menemukannya kecuali Anda tahu di mana tepatnya. Anda harus memasuki bangunan normal yang tidak terlihat seperti restoran, naik ke pintu kayu besar dan Anda akan mendengar seorang penjaga berteriak "Slava Ukraini". Ini adalah saat Anda harus menjawab "Heroyam Slava". Kemudian penjaga akan menanyakan apakah ada Moskals bersamamu, Anda harus mengatakan tidak ("ni" di Ukraina). Baru setelah itu pintu kayu besar akan terbuka dan penjaga akan memberi Anda suntikan selamat datang vodka madu. Anda kemudian dapat memasuki restoran dan merasa diri Anda sebagai tentara tentara Ukraina Independen yang mencicipi hidangan tradisional dan mendengarkan lagu-lagu perang.

Bagaimana untuk makanannya? disini makanannya seperti gandum, sosis, daging sapi atau kambing bahkan ada babi juga. Jadi bagi yang muslim harus hati-hati dan jangan sungkan untuk menanyakan menu yang di sajikan.

Selain itu kamu bisa melihat-lihat di sekitar dan berfoto dengan pakaian prajurit, bazoka atau senjata yang di pajang di restoran tersebut.

Untuk harga sangat terjangkau, kalau di rupiahkan mulai dari Rp. 10.000 - Rp. 100.000, ini harga di pusat kota loh. Murah kan? jadi kalo kamu berkunjung ke Lviv Ukraina jangan lupa untuk mengunjungi restoran ini. Menarik kan?